Larutan Senja karya Ratih Kumala ini saya temukan di sebuah toko buku dengan harga yang cukup murah saat itu, sekitar 10 ribu rupiah saja. Buku "Larutan Senja" ini terdiri dari 14 cerpen yang telah dipublikasikan di media massa kemudian dikumpulkan menjadi satu buku. Dalam keempat belas cerpen ini, enam cerpen menjadi favorit saya. Judul-judulnya yaitu Dalu-Dalu, Nach Westen, Wanita Berwajah Penyok, Pada Sebuah Gang Buntu, Radio Kakek dan yang terakhir, Buroq

Masing-masing cerpen ini memiliki ide yang berbeda, ditulis dengan bahasa sederhana, gamblang tetapi cerdas diksinya. Lingkupnya sendiri kebanyakan berasal dari lingkungan sekitar yang sederhana tetapi kembali diimajinasikan oleh Ratih Kumala. Menarik, karena Ratih tetap membuat kisah itu mengalir sederhana tetapi bahasanya luar biasa. Jadi, buku ini saya rekomendasikan kepada kalian untuk dibeli dan dibaca. 

Bicara tentang buku, kembali menggelitik saya untuk kembali menulis terutama cerpen. Sudah agak lama saya tidak menulis cerpen terutama ketika laptop saya sempat crash dan beberapa data tulisan-tulisan saya ikut lenyap (juga draft novel yang sedang saya tulis kala itu). Akhirnya, karena sedikit trauma dengan hal tersebut, saya hanya menulis beberapa puisi yang biasa saya posting disini juga. Yah, saya akan mulai berusaha untuk menulis lagi terutama saat liburan begini, bosan rasanya di rumah tanpa mengerjakan sesuatu apapun (selain beres-beres rumah tentunya). 

Oke, tulisannya saya sudahi disini. Saya mau mulai menulis. Yang mau sama-sama menulis diperbolehkan lho, kita belajar sama-sama. Selamat menulis! :)



anyway, this is my new hair. what do you think?

Comments

Post a Comment