About a Friend Who Fall Asleep on Comet's Tail



Familiar dengan nama Risa Saraswati? Yes, Risa merupakan seorang musisi asal Bandung. Dia seorang penyanyi yang memiliki album Story Of Peter dan kalau kalian pernah mendengarkan Homogenic, Risa dulunya bernyanyi disana sebelum akhirnya memutuskan untuk bersolo karier. Actually, we're not talking about her album or next project or anything but her book. Yap, her book which called Danur.
Danur dibuka dengan cerita Risa tentang kehidupan masa kecilnya di Bandung yang tinggal jauh dari orang tua. Sering merasa kesepian dan terkadang merasa tertekan dengan lingkungan sekolahnya, Risa akhirnya bertemu salah satu teman yang tidak berasal dari dunia nyata. Namanya Peter. Berawal dari kenalnya Risa dengan Peter, ia akhirnya bertemu dan bersahabat dengan sahabat Peter yang lain. Risa akhirnya menyadari bahwa ia memiliki perbedaan dengan Peter dan ia memiliki sebuah kelebihan yang orang lain tidak miliki. Sayang, karena suatu janji yang tidak Risa tepati, ia akhirnya harus berpisah dengan Peter dan sahabatnya yang lain. Dalam kesepiannya karena ditinggalkan Peter dan sahabatnya yang lain, Risa pun bertemu dengan makhluk lain yang hampir sama seperti Peter. Ia mencoba mengobati kesedihannya sendiri dengan mengobati kesedihan makhluk-makhluk tersebut yakni dengan menjadi teman bercerita mereka. 
Hingga suatu hari, Risa merasa lelah mendengarkan cerita mereka semua dan memutuskan untuk acuh kepada mereka. Dengan demikian, Risa berharap nantinya kelebihannya itu akan hilang sendirinya. Tetapi Risa salah, semakin ia berusaha untuk mengacuhkan mereka justru Risa merasa seperti dihantui. Dari sinilah Risa mengerti bahwa mereka makhluk-makhluk yang berbeda dunia dengannya hanya butuh didengar ceritanya. Percaya atau tidak, mereka justru merasa lebih baik. Misalnya seperti seorang gadis yang meninggal dalam sebuah kebakaran. Ia "tertahan" disini dengan kondisi fisik yang tidak semestinya dan karena ia masih terus mencari kekasihnya. Hingga ia bertemu Risa, bercerita tentang semuanya, perlahan kondisinya berubah seperti sediakala dan ikhlas dengan keadaannya saat itu. Dan suatu hari, ia tidak kembali.. menemui Risa. 
Ini bukan buku dengan kisah misteri atau horror atau menyeramkan, you named it. Melalui buku ini, Risa hanya mencoba menceritakan kehidupan lain dari dunia lain yang ada diluar dunia kita, yang tidak bisa kita jangkau dengan keinderaan kita. Risa, seumpama gerbang penghubung antara dunia kita dan dunia yang kita sebut, mistis. Risa tidak menceritakan dengan bahasa yang dangkal, juga tidak tinggi seperti karya sastra mutakhir. Risa membawa ceritanya dengan bagian masing-masing makhluk, denganid bahasa yang ringan tetapi diksinya tidak biasa. Seperti lirik-lirik di lagunya, Risa "menyanyikan" ceritanya dengan nada yang tepat dan memiliki harmoni. 


Nah, yang sekarang baru kita lanjut ngobrolin musik. Setelah kemarin ada Afternoon Talk yang menggelar Java Tour (anyway, seru sekali acaranya di Surabaya kemarin) ada juga L'Alphalpha yang akan segera silaturahmi ke Surabaya tanggal 26 Februari besok, tepatnya di Matchbox Too.








Dalam rangka mereka kesini? Silaturahmi kan tadi saya bilang, ga deng. Mereka mau promosi salah satu single mereka yang judulnya Comet's Tail dan mereka juga meluncurkan dua video sekaligus dari lagu About a Friend dan Fall Asleep. Oya, single Comet's Tail mereka disebar gratis dan silahkan di unduh disini. Dan yang mau nonton videonya, silahkan kemari. Kedua video mereka bagus, tapi saya lebih prefer ke Fall Asleep karena videonya nggak biasa dan sangat "meninabobokan" yang nonton. Saya jatuh cinta sama efek apa ya namanya? Bokeh? (saya nyebutnya gitu, soalnya mirip bokeh) jarang saya temui di sebuah videoklip, terutama musisi Indonesia. Then, check their video and fall asleep!

Comments