Recommended: Cotswolds

Ada rasa ingin tahu ketika saya membaca retweet teman saya. Sebuah link menuju EP sebuah band untuk diunduh. Cotswolds, begitu nama band tersebut disebut. Terlintas dalam pikiran saya sebuah band luar dengan label indie yang mengeluarkan album baru, mengingat tidak dituliskan EP ketika saya membuka link tersebut. Begitu selesai diunduh, cukup tercengang karena ada ada 4 lagu dan sebuah album cover band tersebut. Menarik, ketika saya melihat album cover tersebut. 



Tak lama, saya memutar keempat lagu tersebut dan telinga saya tergelitik. Sound yang menarik, ada warna post-punk, indie rock yang menggelitik. Membayangkan Joy Division dan Beach Fossils bergabung menjadi satu, menyenangkan. Dibuka dengan Intro berdurasi 1 menit sebagai awal dari perkenalan mereka untuk measuk ke track berikutnya. Track kedua diberi judul European Ocean, dengan post-punk yang kental. Suara vokalisnya pun hanya terdengar samar karena jauh lebih banyak pukulan drum dan suara gitar. Saya tak terlalu menantikan suara vokalisnya untuk keluar atau bernyanyi lagi karena reverb yang kental pada gitar menghilangkan pertanyaan mana-suara-vokalisnya. 

Selepas European Ocean, masuk track berjudul Fire. Ini adalah track favorit saya karena ada nuansa gitar yang sounds like Beach Fossils, yah semacam itulah dan saya jatuh cinta! Ada perasaan 'naik' ketika saya ada disini, mungkin karena judulnya Fire sehingga membuat bersemangat. Kemudian Plasticity berada di track keempat atau track terakhir dan dibuka dengan alunan gitar yang cukup 'pelan'. Di track ini barulah suara vokalisnya agak sering terdengar daripada musik-musik sebelumnya. Entah karena berada di track terakhir, saya merasa sound dari Plasticity menyampaikan bahwa track mereka berakhir disini. Ya, semacam track perpisahan. 

Ketika sedang memutar EP band ini, saya secara iseng membuka scrobble last fm saya dan mereka ternyata dari Surabaya. Saya tinggal di Surabaya dan berapa banyak band di Surabaya yang soundnya semenarik Cotswolds? Belum pernah saya temukan. Di tengah banyaknya genre musik yang kececeran di Surabaya, Cotswolds adalah band dengan sound yang baru di keragaman musik di Surabaya. Sesuatu yang baru dan berbeda serta ditunggu, Cotswolds saya rasa pantas menerima label recommended.

Musik Cotswolds bisa didengarkan disini. Selamat menikmati!


Comments

  1. belum pernah saya temukan? wa la papaonta?

    ReplyDelete
  2. 'semenarik' mas, ini cuma masalah selera aja. jangan sebel atuh mas papan :)

    ReplyDelete

Post a Comment